BERAGAM METODE MONEY MANAGEMENT (MM) DALAM TRADING OPTIONS


Metode ini banyak digunakan trader krn sesuai dgn "ga usah bicara profit dulu, coba belajar dulu bagaimana mempertahankan akun kita agar tidak kena MC". Krn fokusnya ke menghindari MC, maka metode ini ditandai dgn OP menggunakan lot kecil. Umumnya hanya 1% dari total balance, meskipun sebagian trader yg sudah cukup berpengalaman, ada juga yg lebih agresip menggunakan hingga 10% dari total balance. 



Contoh: Kita memiliki akun dgn total balance $100.  Maka dgn memilih metode klasik 1%, maka yg kita gunakan per trade atau yg kita resikokan adalah $1 (hanya untuk 1 OP,  atau bbrp OP dgn total keseluruhan OP atau total resiko tetap $1).  Pada akun standard dimana lot 0.01 berarti 10 cent per pip, maka Stop Loss (SL) hanya bisa di-set 10 pips saja. Sedangkan, pada akun cent dimana lot 0.01 berarti 0.1 cent per pip, maka SL bisa diset 100 pips. Dengan kata lain, jika OP kita kena SL, 10 pips pada akun standar, atau 100 pips pada akun cent, maka kita hanya akan merugi $1. Sisa balance masih $99. Note: Pada akun cent, mungkin kita bisa membuka 2 OP (masing-masing OP di-set SLnya 50 pips) atau bisa juga 4 OP (masing-masing OP di-set SLnya 25 pips). 



Mode klasik umumnya disertai dgn syarat penerapan "Trader sudah memiliki Strategi dgn winning rate > 50%". Jadi misalkan dlm 1 bulan, trader membuka 100x OP dgn katakanlah winning rate 58% (Win 58x dan loss 42x), dengan ratio TP:SL 1:1, maka trader akan mendapat profit sekitar (58 - 42) x $1 = $16 atau 16% (dari total balance awal $100).



Metode klasik ini banyak disukai krn memiliki resiko per trade relatip kecil (umumnya 1% dan maksimum apabila diterapkan secara agresip  10%).  Secara teoritis, kita baru akan kena MC (dgn modal awal $100 dan resiko per trade $1) apabila Strategi trading kita melakukan 100x kesalahan beruntun, yg konon... Sejelek apapun strategi trading, masa sih salah hingga 100x secara beruntun...  



Happy trading and Stay Green!

Belum ada Komentar untuk "BERAGAM METODE MONEY MANAGEMENT (MM) DALAM TRADING OPTIONS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

aximtrade

Iklan Tengah Artikel 1

aximtrade

Iklan Tengah Artikel 2

JustForex

Iklan Bawah Artikel